1 Oktober 2014

Tanah Sulawesi



Hampir dua bulan kaki ini berdiri di atas tanah nan indah,tanah nan gagah,tanah nan berani,Tanah sulawesi. Banyak cerita duka,haru,dan sedihku di tanah ini,tapi tawa canda suka tak luput pula dari ceritaku di tanah ini. Banyak pengalaman dan hal baru yang ku dapat dari tanah ini, mulai dari budaya,tata bahasa, tata krama dan ikut pula bertambah nya pengalaman hidup ku di Tanah ini.


Selama hampir dua bulan aku berada di tanah ini,aku berlindung dari panas nya sinar mentari dan dingin nya udara malam di bawah atap keluarga keluarga ku yang tinggal menetap di tanah ini, ya memang ditanah ini banyak keluarga ku tinggal , karena kedua orang tua ku pun di lahirkan di tanah yang hebat dan kuat ini,sehingga di lahirkan nya dua  orang tua yang hebat dan kuat dalam hidup ku


Soppeng dan Makassar , ya mungkin banyak dari kalian yang masih belum tahu dimana itu soppeng bahkan mungkin masih ada yang bertanya tanya apa itu soppeng, sebagai informasi soppeng merupakan salah satu kabupaten yang ada di tanah ini yang juga merupakan kampung halaman kedua orang tua ku, dan pastinya setiap tempat selalu ada cerita duka dan suka,di tanah ini aku mendapatkannya. Untuk terakhir dan pertama kali nya aku melihat Kakek ku yang begitu gagah,berani dan juga di segani oleh orang banyak semasa hidup nya terkujur lemas tak berdaya, dan berakhir dengan hembusan nafas terakhirnya di depan mataku, ya di tanah kelahirannya inilah tempat dia kembali dan di tanah kelahiran nya pula aku tinggal untuk beberapa waktu.

Lain duka lain juga suka, di tanah ini aku menemukan keluarga ku yang hilang , banyak keluarga ku di tanah ini yang akhir nya aku bisa aku temui yang sebelum nya aku belum kenal atau mungkin belum pernah bertemu sama sekali , ya memang bisa di hitung dengan jari berapa kali aku ke tanah ini , aku suka saat bercengkrama atau sekedar membuat canda dan memuncul kan tawa dengan sepupuku bahkan tante dan om ku yang mungkin baru kali ini aku kenal, dan bisa di katakan kali ini aku telah menemukan keluarga ku yang hilang

Lain soppeng lain pula makassar , mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu apa itu makassar , kota yang terletak ditepi barat provinsi sulawesi selatan , tak jauh berbeda dengan soppeng , banyak cerita dan pengalaman ku yang tidak mungkin ku katakan satu persatu , yang pasti nya di antara cerita itu pula terdapat suka dan duka

Sulawesi, Makassar dan Soppeng tak terasa perjumpaan kita tak lama lagikan berakhir , hanya tersisa beberapa hari ku di tanah ini , Terima kasih tanah sulawesi tanah nan gagah nan indah nah berani , kini aku harus kembali ke tempat di mana kedua orang tua pergi merantau di seberang tanah indah mu ini , Tanah Jawa

Jagalah keluarga ku yang berada di tanah mu ini , katakan pada mereka aku bangga memiliki darah dari tanah mu , tak mau rasanya pergi meninggalkan tanah ini tapi aku harus kembali dimana ayah dan adik ku menunggu di tempat yang kusebut Rumah

0 komentar:

Posting Komentar

gue saranin lu komentar pake akun google biar labih asik aja , tapi sekali nya pake anon bicara yang sopan , thanks for visiting atau kalau ga ngerti terima kasih telah berkunjung